About Unpar

PROFIL UNPAR

Universitas Katolik Parahyangan (dikenal dengan UNPAR), adalah salah satu universitas swasta tertua di Indonesia yang terletak di kota Bandung.

Kampus utama terletak di Jalan Ciumbuleuit, dan kampus lainnya terletak di Jalan Merdeka, Jalan Aceh dan Jalan Nias. Kampus di jalan Merdeka adalah kampus pertama UNPAR, dan sebelumnya pernah menggunakan gedung “Panti Budaya”, (sekarang menjadi Gedung Bank Indonesia yang baru) untuk kegiatan kuliahnya.

Sejarah Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) berawal dari mendiang Uskup Bandung, Mgr.PMArntz, OSC., bekerjasama dengan Uskup Bogor, Mgr.Prof.Dr.NJCGeise, OFM., pada 17 Januari 1955 mendirikan Akademi Perdagangan bernama “Akademi Perniagaan” yang kemudian dikembangkan menjadi Perguruan Tinggi Sosio Ekonomi Parahyangan. Dan perkembangan selanjutnya seiring dengan dibuka fakultas-fakultas baru maka nama institusi diubah menjadi Perguruan Tinggi Katolik Parahyangan. Adanya perkembangan dalam undang-undang perguruan tinggi pada tahun 1961 maka nama institusi berubah menjadi Universitas Katolik Parahyangan.

Sejak berdiri, penyelenggaraan kegiatan perguruan tinggi UNPAR dilaksanakan dengan semangat keterbukaan yang berakar pada sikap hormat pada martabat manusia dan berazaskan kebersamaan yang non-diskriminatif.

UNPAR menjalankan segala kegiatan berdasarkan nilai-nilai Katolik yang bersifat universal, yaitu: komitmen yang tinggi pada keluhuran martabat manusia; dedikasi yang penuh semangat pada kebenaran keilmuan; integrasi setiap bidang ilmu dengan dimensi moral, spriritual, dan religius; keterlibatan mendalam atas perjalanan budaya; serta pengabdian yang sungguh berpihak kepada masyarakat.

Cita-cita luhur dirumuskan dalam sesanti “Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti” yang berarti “Berdasarkan Ke Tuhanan Menuntut Ilmu untuk Dibaktikan kepada Masyarakat”.